Contoh Tulisan Berjalan

Ads 468x60px

Selamat Datang di Blog Saya Gan, semoga bermanfaat !!!

Minggu, 10 November 2013

RPP dan Materi development - Apllied Linguistics



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan                  : SMPN 6 Tarakan
Kelas/Semester                        : VIII/1
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Program/Program Keahlian     : Membaca
Jumlah Pertemuan                   : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi (SK)
5.   Memahami makna teks tulis fungsional  dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
 Kompetensi Dasar (KD)
5.1 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
 Indikator Pencapaian Kompetensi
5.1.1 Siswa mampu membaca dengan nyaring dan bermakna teks fungsional pendek secara lancar
5.1.2 Siswa mampu mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek secara akurat
5.1.3 Siswa mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang sudah dibaca dengan benar dan tepat.
 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a.       Menjawab pertanyaan berdasarkan recount text
b.      Melengkapi informasi berdasarkan recount text
c.       Mengisi kata-kata yang kosong pada recount text
 Materi Ajar
a.     Bacaan teks fungsional pendek : Recount text

  Alokasi Waktu
·         Pertemuan 1
Indikator: 1 dan 2
·         Pertemuan 2
Indikator 3

          Metode Pembelajaran
·         Cooperative integrated reading and composition (CIRC)


            Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
-   Membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam
-   Tanya-jawab tentang materi yang akan dipelajari
-   Mencari kata-kata yang sulit untuk dilafalkan
-   Memberikan motivasi untuk para siswa
2. Kegiatan Inti
    Eksplorasi
    Dalam kegiatan eksplorasi guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Penjelasan tentang recount teks
F  Menulis jawaban di papan tulis untuk memeriksa jawaban yang tepat
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F  Membantu menyelesaikan masalah
3.     Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


10.     Penilaian Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Siswa mampu membaca dengan nyaring dan bermakna teks fungsional pendek secara lancar      
·         Siswa mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang sudah dibaca dengan benar dan tepat.

Tes lisan



Tes tertulis
Membaca nyaring


Uraian

Read the the text aloud and clearly



1.     fill in the blank word
a.        Instrumen
Listen to the teacher reading the following text. While listening to your teacher, you may fill in the blanks with the words in the box. (Copy of book page 1)
It was my grandpa’s birthday last Sunday. On Friday, my sister
and I went shopping at the …..(1)…... We bought a nice …..(2)…... Then,
we wrapped it in a blue paper. Blue is my grandpa’s favourite colour.
On Saturday morning, my brother and I helped my sister making a birthday cake in the …..(3)…... It was a big and beautiful …..(4)…... I wrote ‘Happy Birthday’ on it.
After that, we put some chocolate and a ….. (5)….. on the top of the cake.
On Sunday evening, my uncle and my aunt came to my …..(6)…... They brought
several bottles of soft-drink, and …..(7)….. for grandpa. Then, we sat together in the…..(8)…... Finally, grandpa blew the candle and cut the cake while we were singing a ‘Happy Birthday’ song for him. After giving each of us a piece of cake, he opened the present. He told us that he liked the present, and he was very …..(9)…...
b.        Pedoman penilaian
1.      Untuk tiap nomor, jawaban yang benar skor 11
2.      Nilai maksimal 100
3.      Nilai Siswa =
 Sumber Belajar
a.     Buku sekolah elektronik
b.    Gambar-gambar yang relevant



Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................




( ....................................................... )
NIP /NIK :  ..............................
Tarakan, 07 November 2013

Guru Mapel Bahasa Inggris,





Rian Padjeriansyah
NIP /NIK : 11.601010.047

Tidak ada komentar:

Posting Komentar